Jakarta International
Literary Festival

Meskipun telah lama bertunas dan kini telah berkembang pesat, kesusastraan Indonesia masih diabaikan oleh pembaca sastra dunia. Ketersediaan terjemahan karya sastra Indonesia masih sangat terbatas, sementara yang belum diterjemahkan seringkali serta-merta dianggap tidak ada oleh masyarakat yang berkiblat pada sastra Anglofon.

Karya Indonesia adalah suara yang penting bagi kesusastraan dunia. Dalam upaya menguatkan gaungnya, Komite Sastra Dewan Kesenian Jakarta menggagas festival sastra bertaraf internasional yang mengundang sejumlah pelaku sastra dunia. Dengan proses kurasi dan pembangunan program yang cermat, JILF ini diharapkan akan menjadi penghubung Indonesia dengan sastra dunia.

Pada tahun 2020 ini, kami memperkenalkan Road to JILF 2021, “Heroes: (Re)making History”. Keinginan untuk mendengarkan narasi dari suara-suara yang lama diredam adalah pemantik gagasan tema festival kali ini. Melalui Road to JILF 2021, pelaku sastra dapat menemukan dan mempelajari sejarah yang diceritakan dari sudut pandang “pemenang” yang berbeda.