Whatsapp Transparan iOS dan Android Download Latest 2022

Di era serba cepat ini, keberadaan aplikasi chatting sangat diperlukan, termasuk di antaranya adalah WhatsApp. Melihat pentingnya penggunaan wa, hal ini membuat apk tersebut sangat populer hingga menghadirkan banyak versi modifikasi termasuk WhatsApp Transparan.

Bisa dibilang bahwa lahirnya berbagai aplikasi wa mod merupakan hasil dari tingginya kebutuhan pengguna yang tidak terpenuhi dalam apk original. Sehingga memancing para modders atau pengembang pihak ketiga untuk menyediakan aplikasi dengan fitur lebih lengkap.

Termasuk dengan wa transparan yang merupakan salah satu jenis wa mod tampilan. Di mana pengguna dapat mengatur tampilan wa sesuai keinginannya. Sebelum membahas lebih detail apa itu wa transparan, kenali dulu pengertian WhatsApp mod berikut ini.

Kenali Pengertian WhatsApp Mod

Bagaimana-Mengatasi-Fouad-WhatsApp-yang-Sudah-Diblokir

Mungkin tidak sedikit dari pengguna WhatsApp Transparan yang masih asing dengan istilah wa mod. Sekalipun pernah mendengar, mungkin tidak tahu cara menggunakannya. Nah, bagi yang penasaran dengan cara menggunakan wa transparan ini, maka kamu sudah berkunjung ke tempat yang tepat.

Penggunaan wa mod memang sedang tren belakangan ini. Penggunanya terus meningkat dan selalu ramai dibicarakan. Seperti namanya, wa mod adalah aplikasi pihak ketiga yang dibuat khusus untuk memenuhi kebutuhan para pengguna aplikasi WhatsApp.

Fitur tersebut dibuat untuk mengcover kekurangan aplikasi WhatsApp yang tidak dipenuhi developer resmi dan dibuat menggunakan WA resmi itu sendiri. Dengan kata lain, pihak ketiga atau modder ini hanya memodifikasi aplikasi yang sudah ada.

Mereka hanya menambahkan fitur yang dibutuhkan pengguna. Ini juga yang menjadi alasan mengapa wa mod tidak menghilangkan fitur inti di dalam wa original. Seperti fitur chat, panggilan suara, panggilan video, fitur grup, fitur story, dan lain-lain.

Sementara, fitur yang ditambahkan pada aplikasi WhatsApp mod lebih bersifat minor dan menyempurnakan fitur sebelumnya. Dengan demikian, tidak ada perubahan fungsi sistem mayor pada aplikasi wa mod yang dihadirkan.

Apa Itu Whatsapp Transparan Mod?

Apa-Itu-Whatsapp-Transparan-Mod

Seperti telah dijelaskan sebelumnya, wa mod adalah aplikasi wa modifikasi dari pihak ketiga yang hadir dengan fitur lebih lengkap dari versi originalnya. Bahkan wa modifikasi ini dibuat sesuai kebutuhan para pengguna dengan mengikuti pembaruan dari apk resminya.

WhatsApp Transparan dikembangkan oleh pihak ketiga bernama Fouad. Beliau adalah modder ternama yang sudah banyak membuat apk wa mod, termasuk yang paling terkenal adalah GB WhatsApp. Sama halnya dengan wa mod transparan, wa original memiliki masalah dari segi tampilan hingga tema.

Seperti yang kita tahu, WhatsApp original tidak mendukung pilihan tema bervariasi. Pengguna hanya dihadapkan pada dua pilihan tema yaitu terang dan gelap. Keterbatasan ini tentu membosankan bagi sebagian orang, banyak pengguna ini tema fresh dan beragam untuk mewarnai apk chat mereka.

Pasalnya, WhatsApp merupakan aplikasi chat utama bagi banyak orang saat ini. Hampir digunakan setiap hari oleh para pengguna gadget seperti smartphone maupun PC. Untuk segala kebutuhan, komunikasi sehari-hari sudah memakai WhatsApp.

Hal inilah yang coba dicari solusinya oleh para pengembang wa transparan mod. Dimana wa mod ini hadir dengan tema tambahan yang bagus dan memberikan efek transparan pada apk wa. Tema tersebut akan membuat tampilan aplikasi lebih elegan dan sesuai selera penggunanya.

Daftar isi :  Tdomino Boxiangyx Login Download Mod APK untuk Dapat Chip Gratis

Melihat pemaparan di atas, dapat disimpulkan WhatsApp Transparan merupakan jenis wa mod yang berfokus pada pengembangan tema. Meski dominan dari segi tema, banyak fitur lain yang dimiliki aplikasi ini dan berfungsi seperti apk wa mod pada umumnya.

Tips Penggunaan WhatsApp Transparan Anti Banned

Tips-Penggunaan-WhatsApp-Transparan-Anti-Banned

Seperti telah disebutkan bahwa wa mod bukan apk legal, sehingga menggunakannya dihantui risiko dan ancaman banned dari developer resmi. Meski belum ada kasus pemblokiran permanen, kamu tetap perlu menggunakannya secara bijak. Berikut ada tips menghindari hal buruk pada akun wa mod kamu.

Jangan Pakai Nomor Utama

Saat memakai wa transparan mod, usahakan untuk tidak pakai nomor utama atau nomor penting. Hal ini bertujuan untuk menghindari terjadinya banned yang bisa saja muncul sewaktu-waktu karena sistem. Jika memakai nomor utama, akan muncul risiko hilangnya file dan informasi penting di akunmu.

Namun berbeda halnya dengan menggunakan nomor cadangan. File dan informasi penting akan tetap aman karena hanya tersimpan di nomor utama yang digunakan di apk wa original. Lagipula, aplikasi original dan wa mod bisa kamu gunakan secara bersamaan dalam satu smartphone.

Update Aplikasi Berkala

Pengembang apk WhatsApp Transparan mod selalu membawa pembaruan berkala dari sistem keamanan dan fitur anti banned. Untuk itu, selalu melakukan update dengan pembaruan yang disediakan agar sistem wa mod selalu baru dan fitur anti banned selalu terbarukan.

Jangan lupa lakukan update aplikasi secara berkala untuk mendapatkan berbagai fitur terbaru. Langkah ini juga merupakan perbaikan bugs yang sudah lebih dulu ada pada pembaruan sebelumnya. Intinya, update aplikasi dapat meningkatkan fungsi anti banned pada aplikasi.

Hindari Aktivitas Tidak Wajar

Terkadang pemblokiran pada pengguna terjadi karena adanya aktivitas tidak wajar yang terdeteksi sistem. Aktivitas ini terlampau tidak normal dan melewati batas ketentuan yang diberlakukan WhatsApp original. Jika begini, sistem akan mencurigai akun tersebut dengan menjatuhkan banned.

Banned yang diberikan ada yang bersifat sementara dan bahkan permanen. Dengan fakta ini, sebaiknya hindari melakukan aktivitas tidak wajar secara berlebihan. Contohnya seperti spam story dengan durasi panjang, mengirim file besar terus-menerus, dan banyak melanggar ketentuan atau privasi.

Tutorial Memperbarui Apk WhatsApp Transparan Mod

Tutorial-Memperbarui-Apk-WhatsApp-Transparan-Mod

Aplikasi ini tidak tersedia pada Play Store atau App Store, sehingga pembaruan tidak tersedia otomatis seperti pada aplikasi resmi pada umumnya. Namun tidak perlu khawatir, sebab WA Transparan mod membuka cara yang lebih sederhana yaitu update langsung pada aplikasi. Begini caranya:

  • Buka apk wa mod transparan di perangkat.
  • Buka Setting dan arahkan navigasi pada ikon titik tiga di pojok kanan atas.
  • Klik opsi GB Settings
  • Klik pilihan Update
  • Tekan “Check for Updates” untuk memeriksa informasi update terbaru.
  • Jika ada update terbaru, download dan lakukan update secara otomatis.

Penggunaan WhatsApp Transparan mod menjadi pilhan tepat untuk kamu yang ingin mencari suasana baru dalam menggunakan aplikasi chatting online ini. Akan tetapi, usahakan tetap hati-hati saat dalam penggunaannya agar tidak terjadi hal buruk yang menimpa keamanan dan kerahasiaan data diri.

Apa Perbedaan WhatsApp Transparan dan WhatsApp Original?

Apa-Perbedaan-WhatsApp-Transparan-dan-WhatsApp-Original

Pada dasarnya, WA Transparan adalah wa yang sudah dimodifikasi, sehingga fitur dan tampilan di dalamnya lebih bervariasi dari WhatsApp original. Agar lebih memahami apk wa mod ini, kamu bisa melihat tabel perbedaan keduanya berikut ini.

Fitur WhatsApp Transparan WhatsApp Resmi
Fitur privasi lebih unggul Ya ada beberapa hal tidak bisa disembunyikan, seperti tampilan typing, recording, dan status online.
Tampilan transparan Ya Tidak
Variasi tema Ya Terbatas
Variasi emoji Ya Tidak
Anti revoke status dan chat Ya Tidak
Kirim file resolusi tinggi Ya Tidak
Kostumisasi tampilan Ya Tidak
Kirim story panjang Ya Tidak
Kirim file ukuran besar Ya Tidak
Daftar isi :  5 WhatsApp Mod Terbaik dengan Fitur Terbaru 2022

Sebenarnya masih banyak fitur lain yang ditawarkan WhatsApp mod transparan dan tidak tersedia pada WhatsApp original. Namun, semua keunggulan dalam tabel di atas dapat menjadi pertimbangan kuat saat akan menggunakan wa transparan.

Tutorial Download WhatsApp Transparan Tanpa Menghilangkan Chat Lama

Tutorial-Download-WhatsApp-Transparan-Tanpa-Menghilangkan-Chat-Lama

Salah satu pertanyaan yang paling sering muncul terkait WhatsApp Transparan adalah bagaimana cara agar chat di Whatsapp lama tidak menghilang. Sebab ada beberapa aplikasi wa mod yang tidak mendukung fungsi restore atau backup chat. Sehingga chat lama hilang ketika instal apk WA mod tersebut.

Menjawab masalah tersebut, kali ini akan kami paparkan bagaimana cara agar ketika instal wa transparan data chat kamu tidak hilang. Namun sebelum itu, disarankan agar kamu pahami dulu apa itu aplikasi wa mod versi clone dan unclone. Apa sebenarnya dua istilah itu?

Jadi, hampir semua modifikasi WhatsApp atau wa mod itu terdapat clone dan unclone. Nah, mana yang sebaiknya kamu pilih? Banyak sumber mengatakan untuk memilih clone. Mengapa demikian? Hal ini terkait dengan penggandaan aplikasi.

Pada WhatsApp clone, kamu bisa menginstal apk WA mod termasuk transparan wa bersamaan dengan WhatsApp asli. Sementara pada wa unclone tidak mendukung fitur tersebut. Jadi jika mau instal apk WA mod yang unclone, kamu harus menghapus wa biasa yang lama.

Lalu bagaimana cara membedakan wa transparan clone dan unclone? Mudah saja, biasanya terlihat dari keterangan ketika kamu mendownload aplikasinya. Selain itu juga bisa terlihat ketika instalasi apk. Pada wa clone akan muncul keterangan bahwa aplikasi tidak mengganti hak akses apapun.

Namun berbeda dengan WA unclone, dimana akan muncul keterangan dimana user akan kehilangan data dari wa resmi sebelumnya. Ini karena sistem akan menganggap pengguna menginstal wa versi baru sehingga akan menghapus wa yang lama.

Nah, jika sudah paham definisi dan perbedaan wa clone maupun unclone, kamu bisa melanjutkan tahap selanjutnya yaitu download dan instal aplikasi WhatsApp Transparan tanpa  harus kehilangan chat lama. Penasaran? Simak pembahasannya berikut ini.

Cara Mencadangkan Chat dari Whatsapp Versi Lama

Cara-Mencadangkan-Chat-dari-Whatsapp-Versi-Lama

Agar data dari aplikasi lama bisa di restore di wa transparan, tentunya kamu harus melakukan backup chat di wa lama terlebih dulu agar nantinya bisa diimport ke wa transparan yang akan diinstal. Ada dua cara yang bisa digunakan, yaitu back up melalui Google Drive dan back up penyimpanan ponsel.

Backup Chat WA Lama ke Google Drive

  • Arahkan navigasi ke menu “Pengaturan” dengan klik ikon tiga titik di pojok atas kanan layar.
  • Pilih menu “Setelan”
  • Klik opsi “Chat”
  • Klik “Cadangkan Chat”.
  • Kemudian pilih email atau akun Google yang akan digunakan untuk menyimpan data yang akan dicadangkan.
  • Jika sudah, klik tab “Cadangkan”.
  • Tunggu proses pencadangan sampai selesai.
  • Jika pencadangan berhasil, silakan buka Google Drive, klik lagi t ab Cadangkan.
  • Setelah itu kamu bisa melihat chat WhatsApp lama yang dicadangkan tadi.

Backup Chat WA Lama ke Penyimpanan Ponsel

Selain pencadangan lewat Google Drive, kamu juga bisa menyimpan backup wa mod transparan ke penyimpanan ponsel. Tutorialnya pun tidak jauh berbeda seperti saat mencadangkan chat pada Google Drive. Berikut cara-caranya.

  • Buka aplikasi wa transparan yang sudah terpasang di perangkat.
  • Ketuk “Lainnya” dan klik “Setelan”.
  • Pilih “Setelan Chat”.
  • Klik tombol “Cadangan Chat”.
  • Tekan tab “Cadangkan”.
  • Tunggu sampai proses pencadangan pesan berhasil hingga 100%.
Daftar isi :  Whatsapp Lite Download (Ukuran Mini) Latest Update 2022

Jika kamu bingung dimana letak file backup chat WhatsApp yang tersimpan, silakan langsung buka penyimpanan internal di perangkat. Kamu bisa menemukannya pada folder dengan nama WhatsApp mod yang digunakan.

Misalnya, dalam contoh ini kamu menggunakan wa mod WhatsApp Transparan, maka file backup tersebut akan tersimpan dalam folder bernama “WhatsApp Transparan” yang berada di penyimpanan internal perangkat. Tidak sulit bukan?

Tutorial Restore Chat WA Lama di WhatsApp Transparan

Tutorial-Restore-Chat-WA-Lama-di-WhatsApp-Transparan

Nah, jika kamu chat dan seluruh data wa lama sudah dicadangkan, kamu bisa langsung download dan install aplikasi wa mod dan restore chat tadi. Namun perhatikan untuk install wa versi clone agar data lama tidak hilang.

  • Pertama-tama, install apk whatsapp mod pilihan kamu. Disarankan untuk memakai WhatsApp Transparan.
  • Setelah berhasil diinstal, buka aplikasinya.
  • Bersamaan dengan buka aplikasi, kamu akan diminta untuk registrasi akun dan lakukan verifikasi.
  • Kemudian masuk pemberitahuan dimana user atau pengguna harus memulihkan chat.
  • Jika muncul notifikasi terkait izin, klik ikon beri izin.
  • Kemudian kamu akan diminta login dengan akun email. Pilih email yang digunakan untuk menampung backup chat dari wa sebelumnya.
  • Setelah berhasil, maka cadangan chat akan muncul, langsung saja klik “Pulihkan”.
  • Nantinya, cadangan chat sebelumnya bisa kamu restore ke wa mod yang baru.
  • Ikuti saja arahan yang diberikan, pencadangan selesai. Chat dari wa lama kamu pun dijamin tidak akan hilang.

Panduan Download dan Install WhatsApp Transparan

Panduan-Download-dan-Install-WhatsApp-Transparan

Bagi kamu yang sudah mulai tertarik menggunakan aplikasi WhatsApp Transparan ini, berikut adalah link untuk mendownload aplikasinya:

Nama WhatsApp Transparan Mod
Versi Update 10.20
Update Terakhir Mei 2021
Ukuran 45 MB
Link Download Disini

 

Sedangkan untuk menginstalnya, kamu harus melakukan sejumlah langkah khusus terlebih dulu. Ini karena aplikasi wa transparan mod merupakan apk dari sumber luar dan tidak diunduh dari aplikasi toko resmi. Jadi, berikut panduan pemasangannya.

  • Pertama, download dulu file aplikasi WhatsApp Transparan dari link yang dicantumkan.
  • Sambil menunggu download file selesai, buka pengaturan di smartphone kamu lalu klik menu “Privasi dan Keamanan”.
  • Ketuk opsi Keamanan.
  • Beri centang pada kolom “Izinkan Sumber Tak Dikenal”.
  • Jika sudah, kamu bisa keluar dari pengaturan dan buka pengelolaan folder di perangkat.
  • Pastikan download file apk sudah berhasil.
  • Kemudian kamu bisa buka file wa mod transparan yang sudah didownload tadi.
  • Klik file tersebut dan mulai instalasi.
  • Tunggu sampai proses install selesai.
  • Aplikasi siap digunakan.

Selain menjadi panduan pemasangan, cara install di atas juga merupakan cara khusus agar perangkat atau smartphone kamu mengizinkan pemasangan aplikasi dari sumber tidak dikenal. Sebab, secara default smartphone akan melarang hal ini demi alasan keamanan.

Mengingat bahwa file atau aplikasi dari sumber eksternal rentan mengandung virus dan malware berbahaya. Akan tetapi, bisa dijamin bahwa link file mod WA transparan di atas berasal dari sumber yang aman. Jadi, setelah instalasi selesai, kamu bisa mengunci kembali fitur keamanan pada smartphone.

WhatsApp Transparan dapat menjadi pilihan aplikasi wa mod yang tepat untuk kamu yang ingin suasana baru dari segi tampilan wa. Kendati merupakan aplikasi yang aman, tidak ada salahnya jika kamu tetap bijak menggunakannya agar terhindar dari risiko dan bahaya yang tidak diinginkan.

Baca Juga: